Sehat Sutardja | Jangan Berhenti Belajar

Friday, October 9, 20150 comments

Bagi para teknisi komputer dan networking, nama Marvell Yukon tentu bukan sesuatu yang asing. Coba periksa chipset pada motherboard PC anda, biasanya hanya ditemukan tiga produsen saja yang memproduksi chip untuk jaringan yaitu Realtek, Intel dan Marvell. Tapi tahukan anda bahwa pendiri perusahaan Marvell Technology Group ini adalah asli orang Indonesia.



Sehat Sutardja lahir di Jakarta tahun 1961. Selain sebagai salah satu pendiri Marvell Technology Group (pendiri lainnya adalah Pantas Sutardja, sang kakak), beliau juga menjabat sebagai President, Chairman of the Board, dan Chief Executive Officer sejak berdirinya Marvell tahun 1995. Sebagai tambahan, Beliau pernah menjadi President, Chief Executive Officer dan Director of Marvell Semiconductor, Inc. sejak berdirinya perusahaan tersebut.

Saat kelas 6, Sehat Sutardja (M.S ’83, Ph.D. ’88 EECS) bilang kepada orangtuanya bahwa ia ingin berkarir dibidang elektronik. Artinya karir yang ingin dijalaninnya adalah menjadi tukang reparasi TV dan radio, maklum saja saat itu tahun 70-an. Padahal orangtuanya menginginkan dia menjadi seorang dokter. Sehat selalu memimpikan hal-hal hebat yang mungkin muncul dari elektronika. 30 tahun kemudian, ia masih saja menggemari hal-hal yang berbau elektronika.

Berdasarkan kesuksesan dan pengalamannya, Sehat memberikan nasihat kepada para mahasiswanya, “Belajarlah sebanyak mungkin, tentang software, biologi, fisika lanjutan, semua hal. Mengetahui satu jenis pengetahuan saja tidaklah cukup. Banyak orang berhenti belajar ketika mereka ingin menjadi seorang pengusaha. Itu adalah kesalahan terbesar yang ada.”

Marvell bermarkas di Sunnyvale, U.S. Dia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk membesarkan Marvell. Bermula dari 3 orang (dengan modal keluarga), kini Marvell memiliki 7.500 pegawai dan menjelma menjadi perusahaan berharga milyaran dolar Amerika.

Sumber :
https://www.facebook.com/note.php?note_id=133043601200
https://en.wikipedia.org/wiki/Marvell_Technology_Group
https://en.wikipedia.org/wiki/Sehat_Sutardja
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Merzy Rider | Android Freak | Mazzel Diaz
Copyright © 2013. Fakta Menarik di Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger